06 November 2008

Demam Berdarah

Catatan seorang pria yang bebas dari demam berdarah tanpa opname.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat merasakan ga enaknya sakit demam berdarah. Padahal hanya tinggal beberapa hari selanjutnya saya akan menghadapi Ujian Akhir Semester yang akan menentukan nasib saya di kemudian hari. Kenapa saat itu saya bisa kena? Nggak sangka juga sih saya bakalan kena demam berdarah. Waktu itu daerah sekitar kosan saya sedang menjadi daerah endemik demam berdarah. Delapan orang tumbang dan harus dirawat dirumah sakit veteran jakarta selatan. Dengan melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi supaya tidak terkena demam berdarah misalnya memakai lotion anti nyamuk, eh gak tahunya saya sial juga, tetap saja kebagian jatah virus demam berdarah dari si nyamuk yang mungkin nge-fans berat sama saya.
Dua hari mengalami demam tinggi, akhirnya saya dibawa ke rumah sakit untuk cek trombosit. Dan hasilnya… SELAMAT!!! ANDA BERHASIL MENGIDAP DEMAM BERDARAH!!!
Sang dokter pun menganjurkan untuk rawat inap. Membayangkan suasana rumah sakit yang membosankan dan sepertinya bakalan membuat saya makin lama sembuh, saya pun menolak rawat inap. Saat itu saya juga berpikir nantinya paling-paling di rumah sakit cuma dikasih infus, jus jambu sama vitamin doang, kalau Cuma itu sih bisa diusahain kalau dirawat dirumah aja.

Karena penyakit demam berdarah sebenernya belum ada obatnya maka obat demam berdarah yang sebenarnya adalah berusaha membuat trombosit si penderita meningkat dengan berbagai cara. Dan yang paling penting adalah mengetahui sedini mungkin kalau kita menderita demam berdarah. Gejala demam berdarah yang seperti tapal kuda kadang membuat kita yang menderita demam berdarah hanya menduga kalau kita hanya menderita demam biasa, inilah bahayanya. Segera deteksi dini penyakit demam berdarah yang diderita dengan memperhatikan gejala-gejala penyakit demam berdarah tersebut.

Beberapa ciri penyakt demam berdarah antara lain


Bintik Merah
Seringkali di awal demam, tidak muncul bintik merah. Tapi pada beberapa kasus, seperti yang saya alami, tidak muncul bintik-bintik merah.
Panas Tinggi
Ingat gejala demam yang seperti tapal kuda. Panas bisa turun naik, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
Menggigil dan terasa ngilu tulang
Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.
Buang Air Besar berwarna hitam dan keras.
Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah. Tapi saat itu saya tidak mengalami gejala seperti ini. Beberapa teman yang trombositnya sudah drop merasakan penderitaan yang seperti ini.
Trombosit mulai turuna
Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium. Segera lakukan tes trombosit di laboratorium bila demam anda tinggi dan tidak turun-turun. Pada awal pemeriksaan saya dites trombosit dan tes tipus karena gejala awal demam berdarah katanya memang mirip dengan gejala tipus. Makanya saya dicek tipus juga untuk mengetahui apakah ada si Salmonella typii yang berkeliaran di tubuh saya.
Sakit saat mata memandang ke samping
Saya mengalami ini, rasanya sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan. Begitu juga kalau menutup mata dalam waktu lama. Mata menjadi terasa berat tetapi tidak bisa tidur.
Tengkuk sakit
Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk, terasa sakit dan pegal-pegal.

Jika anda mengalami panas tinggi yang berkepanjangan (lebih dari 1 hari) dan tidak sembuh dengan meminum obat, cobalah mendatangi rumah sakit atau apotik yang ada laboratoriumnya dan lakukan cek darah. Apabila trombosit sudah di batas bawah normal (batas normal trombosit: 150.000-500.000), berhati-hatilah bisa jadi si virus sudah berkeliaran di tubuh anda.


Sebenarnya ada cara yang bisa ditempuh tanpa harus diopname di rumah sakit, tapi syaratnya kita butuh tekad, keinginan, dan semangat untuk bisa melakukannya. Sebenarnya cukup mudah bagi yang sudah biasa, tapi akan sangat sulit bagi yang tidak terbiasa.

Caranya adalah
Minumlah air putih min. 20 gelas berukuran sedang setiap hari atau minimal 8 liter air. Makin banyak makin bagus karena air berfungsi untuk menjaga suhu tubuh .
Minum obat penurun panas misalnya parasetamol secara teratur agar demam menurun.
Sebagai pengganti infus, minumlah larutan ion misalnya pocari sweat, tapi buat yang alergi soda sebaiknya pocari sweat diganti dengan mizone atau minuman sejenisnya yang tidak bersoda.

Makan jambu merah atau jus jambu. Jambu merah bisa menaikkan kadar trombosit. Tapi jangan lupa kalau makan jambu merah bijinya dibuang atau ditanam di halaman rumah (Mari kita dukung program Go Green!!!). Bijiya si jambu bisa menyebabkan usus buntu, nanti begitu sembuh dari demam berdarah, eh.. malahan dapat penyakit baru, hehehehehe….

Makanlah makanan yang bergizi supaya tubuh menjadi lebih cepat sembuh.

Minum angkak cina. Bentuknya seperti beras merah. Biasanya dijual di supermarket atau toko obat cina. Waktu terkena demam berdarah saya membeli angkak di carefour di stand jamu pasti ada. Angkak yang bentuknya seperti beras merah itu kemudian dimasukkan ke dalam gelas dan diseduh dengan air mendidih. Setelah airnya berubah menjadi merah tua baru diminum airnya saja. Awalnya rasanya dan baunya terasa aneh tapi lama kelamaan terbiasa juga. Angkak ini biasa digunakan untuk memerahkan daging babi pada masakan cina. Buat kalian yang boleh makan makanan yang 100% haram kalau setelah lolos dari penyakit demam berdarah tapi si angkak belum habis, sebaiknya dibikin babi merah, dan jangan lupa bagi-bagi ke saya, hehehehehe…….. :)

Selain angkak ada juga obat cina yang super ampuh untuk meningkatkan trombosit dengan cepat. Perkenalkan, namanya Fu Fang Ejiao Jiang. Bisa dicari di toko obat cina. Rasanya manis dan cara minumnya di sedot (berupa sirup).

Upaya-upaya diatas dapat menghindari kita diopname di rumah sakit. Dan dapat menghemat kantong bagi yang kantongnya tipis. Tapi yang paling penting adalah dengan menggunakan obat-obatan alami yang sudah disediakan oleh alam (yang sekarang disediakan toko obat :) ) tubuh akan lebih sehat tanpa efek samping.
Semua usaha di atas pada dasarnya bertujuan untuk menabah daya tahan tubuh dan menurunkan panas serta meningkatkan jumlah trombosit. Pada dasarnya tidak ada obat untuk demam berdarah. Yang ada hanya obat untuk meningatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh dilihat dari jumlah leukosit yang ada. Jika leukosit dalam darah meningkat maka biasanya trombosit juga akan meningkat.

Dengan tekad yang kuat untuk melakukan semua usaha diatas.
Dengan keinginan yang kuat untuk sembuh.
Dan doa yang kuat.
Maka kita tak perlu diopname di rumah sakit.

Selalu bersyukur saat tubuh ini sehat.
Dan jangan pernah mengeluh ketika sakit datang.
Karena semua itu ada waktunya.

Cepat sembuh buat semuanya yang sedang ditemani virus demam berdarah.


2 komentar:

Cebong Ipiet on Jumat, 14 November 2008 14.44.00 GMT mengatakan...

saya blm pernha siy
cuman tipes pernah
ama cacar
bener2 suhu badan tinggi banget
syukurlah sembuh
yuuuk jaga kesehatan
comment nya g di setting anonymous yak xixixiix
yg mo ninggalin URL jd g bisa

Anonim mengatakan...

pocari sweat itu gak bersoda lage

Posting Komentar

Buat mas dan mbak yang mampir dan download konten yang ada, jangan lupa kasih kasih komentarnya. U comment Ku Follow

 

Download Free Beta Copyright © 2009 Community is Designed by Free Blogger Template